Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Tuesday 25 March 2014


bagian daun
Daun yang lengkap mempunyai bagian-bagian berikut:
1.      Upih daun atau pelepah daun (vagina/sheath),
2.      Tangkai daun (petiolus/stalk),
3.       Helaian daun (lamina/blade).

Tumbuhan yang memiliki daun lengkap tidak banyak jenisnya, ch.  pisang (Musa paradisiaca L.), pinang (Areca catechu L.), bambu (Bambusa sp), dll. 
Bagian Lengkap Daun Pisang
Complete Part of Banana Leaves
Bagian lengkap daun bambu
Bagian Lengkap Daun Bambu

Kebanyakan tumbuhan memiliki daun yang kehilangan satu atau dua bagian dari tiga bagian tersebut.  Daun yang demikian dinamakan daun tidak lengkap.

Susunan daun yang tidak lengkap ada beberapa kemungkinan:
1.    Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja;  disebut daun bertangkai. Ch.: nangka (Artocarpus integra), mangga (Mangifera indica), dll.
2.    Daun terdiri atas upih dan helaian, disebut daun berupih atau daun berpelepah. Ch.: padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays), dll.
3.    Daun yang terdiri atas helaian saja, tanpa upih dan tangkai, helaian langsung duduk atau melekat pada batang. Daun demikian  dinamakan daun duduk (sessilis), seperti pada biduri (Calotropis gigantea). Daun duduk dapat mempunyai pangkal yang demikian lebarnya seakan-akan melingkari batang atau memeluk batang, oleh sebab itu dinamakan daun memeluk batang (amplexi caulis) ch. pada  tempuyung (Sonchus oleraceus). Bagian daun yang memeluk batang itu seringkali bangunnya membulat dan disebut telinga daun.
4.    Daun hanya terdiri atas tangkai saja, tangkai tadi biasanya lalu menjadi pipih menyerupai helaian daun semu atau palsu, dinamakan: filodia, seperti terdapat pada berbagai jenis pohon Acacia yang berasal dari Australia, ch.: Acacia auriculiformis.

bagian daun nangka
Daun Nangka yang terdiri atas tangkai dan helaian saja


Vagina and lamina of Zea mays
Daun jagung terdiri atas upih(pelepah) dan helaian daun


Daun duduk biduri
Daun duduk (helaian saja) pada Biduri

Daun memeluk batang tempuyung
Daun memeluk batang pada Tempuyung

filodia akasia
Tangkai daun memipih membentuk helaian daun palsu (filodia) pada Akasia

Alat-alat tambahan atau pelengkap pada daun :
1.    Daun penumpu (stipula), berupa dua helai lembaran daun yang kecil, terdapat dekat pangkal tangkai daun berguna untuk melindungi kuncup yang masih muda. Pada kacang kapri (Pisum sativum) daun penumpu itu besar dan lebar.  Pada pohon nangka (Artocarpus integra) daun penumpunya mudah gugur, tetapi pada mawar (Rosa sp)  tinggal lama dan baru gugur bersama-sama daunnya.
           Menurut letaknya, daun penumpu dapat dibedakan atas:
§  Daun penumpu yang bebas (stipulae liberae), terdapat di kanan kiri pangkal tangkai daun, ch. pada kacang tanah (Arachis hypogaea).
§  Daun penumpu yang melekat pada kanan kiri pangkal tangkai daun (stipulae adnatae) ch. pada mawar (Rosa sp).
§  Daun penumpu yang berlekatan menjadi satu dan terdapat di dalam ketiak daun (stipula axillaries atau stipula intrapetiolaris).
§  Daun penumpu yang berlekatan menjadi satu terdapat berhadapan dengan tangkai daun dan biasanya agak lebar hingga melingkari batang (stipula petiolo opposite atau stipula antidroma).
§  Daun penumpu yang berlekatan dan terdapat diantara dua tangkai daun seperti pada tumbuhan yang pada buku-buku batangnya mempunyai dua daun yang duduk berhadapan, ch. pada mengkudu (Morinda citrifolia). Daun penumpu yang demikian dinamakan daun penumpu antar tangkai (stipula interpetiolaris)

stipula kacang tanah
Stipula Liberae pada Kacang tanah

Stipula adnatae mawar
Stipula Adnatae pada Mawar


Stipula interpetiolaris
Stipula Interpetiolaris pada Mengkudu

macam stipula
a. Stipula adnate pada Rosa sp  b. Stipula yang melebar  pada Pisum sativum c. Stipula   axillaris   d. Stipula antidroma   e. Stipula interpetiolaris pada Morinda citrifolia

2.   Selaput bumbung (ochrea atau ocrea), berupa selaput tipis yang menyelubungi pangkal suatu ruas batang, jadi terdapat di atas suatu tangkai daun. Alat ini berfungsi untuk melindungi daun yang masih muda. Selaput bumbung dianggap sebagai daun penumpu yang kedua, sisinya saling berlekatan dan melingkari batang, terdapat pada Polygonom sp.
selaput bumbung karetan
Selaput bumbung pada karetan (Ficus benjamina)

3.  Lidah-lidah (ligula), suatu selaput kecil yang biasanya terdapat pada batas upih dan helaian daun pada rumput (Graminae). Alat ini berguna untuk mencegah mengalirnya air hujan kedalam ketiak antara batang dan upih daun, sehingga kemungkinan pembusukkan dapat dihindarkan.

ligula graminae
Ligula pada Graminae (rumput-rumputan)

Upih Daun atau Pelepah Daun (vagina)
Daun yang berupih umumnya terdapat pada tumbuhan yang tergolong tumbuhan berbiji tunggal (Monocotyledoneae), antara lain suku rumputan (Graminae), suku empon-empon (Zingiberaceae), pisang (Musa sapientum), golongan Palma (Palmae), dll. Selain untuk melekat pada batang dan memeluk batang, upih daun juga berfungsi sebagai:
§  Sebagai pelindung kuncup yang masih muda, ch. pada tanaman tebu (Saccharum officinarum).
§  Memberi kekuatan pada batang tanaman.  Upih daun semuanya membungkus batang, sehingga batang tidak tampak, ch. pada pisang (Musa paradisiacal). Batang yang tampak pada pisang bukanlah batang tanaman yang sebenarnya melainkan batang semu



Tangkai Daun (Petiolus)
Umumnya tangkai daun berbentuk silinder dengan sisi atas agak pipih dan menebal pada pangkalnya. Berdasarkan penampang melintangnya dapat dijumpai hal-hal berikut:
§  Bulat dan berongga, ch. tangkai daun papaya (Carica papaya)
§  Pipih dan tepinya melebar (bersayap), ch. pada jeruk (Citrus sp)
§  Bersegi, ch. pada Cyperus sp.
§  Setengah lingkaran dan seringkali sisi atasnya beralur dangkal atau beralur dalam seperti pada tangkai daun pisang.

Adapula tangkai daun yang menebal pada pangkal dan ujungnya, ch. pada daun pohon kupu-kupu (Bauhinia purpurea). Bila dilihat permukaannya, tangkai daun ada yang memperlihatkan kerutan-kerutan, sisik-sisik, rambut-rambut, lenti sel, dll.

tangkai daun kupu-kupu
tangkai daun kupu-kupu
Tangkai daun yang menebal di pangkal dan ujung pada Bauhinia purpurea  (daun kupu-kupu)


Coming soon!!! Helaian Daun (Lamina)


















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Kontrakan E-dukasi //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //